Terobosan terus dilakukan oleh Toyota untuk menghadirkan alat transportasi yang ramah lingkungan dan mengatasi permasalahan umum dunia transportasi, yaitu berkurangnya cadangan bahan bakar minyak secara global. Toyota memperkenalkan sebuah mobil konsep dengan nama FCV Concept. Mobil konsep ini menggunakan sepasang tank (media penyimpanan bahan bakar) yang berada dbawah body mobil yang berisi hidrogen bertekanan tinggi. Mobil sepenuhnya akan digerakan menggunakan bahan bakar hydrogen.
Fitur khusus dari Toyot FCV Concept adalah penggunaan hydrogen sebagai bahan bakar, dimana reaksi kimia yang terjadi antara hydrogen dan oksigen diudara akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan akan menggerakkan motor yang menggerakkan mobil
Tidak seperti mobil elektrik (electric vehicles), charging pada mobil ini hanya berlangsung selama 3 menit. Mobil ini mampu mencapai jarak sekitar 500KM untuk sekali pengisian bahan bakar dan kecepatan maksimumnya adaalh 170Km/jam. Toyota FCV Concept dapat menampung 4 penumpang didalamnya.
Spesfikasi Toyota FCV Concept
Name |
Toyota FCV
Concept |
Overall length |
4,870mm |
Overall width |
1,810mm |
Overall height |
1,535mm |
Wheelbase |
2,780mm |
Seating
capacity(person) |
4 |
Power source |
Hydrogen fuel cell |
Cruising range |
Approx. 700(JC08
mode, internally-measured) |
Maximum speed |
170+ |
Cold start
capability |
-30 |
Vehicle system
efficiency |
65(LA#4 mode,
internally-measured) |
Fuel cell |
|
Type |
Polymer electrolyte
(Humidifier-less) |
Output power
density |
3.0(World top level) |
Output Power |
100+ |
Hydrogen tank |
|
Storage type |
High pressure tank(2
units) |
Storage
pressure |
70 |
Tank storage
density |
5.7(World top level) | | | |